Jumat, 25 November 2016

Cara Pembuatan Lepat Ubi Kayu Parut [Eksposisi]

Lepat Ubi Kayu Parut
         













             Lepat ubi kayu parut merupakan jenis kue yang memiliki bahan dasar ubi kayu atau singkong. Ubi kayu atau ubi singkong sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, mulai dari daunnya ataupun ubinya. Ubi kayu mengandung nutrisi seperti vitamin B9, vitamin E. kalsium, protein, magnesium, kalium, fosfor, dan zinc. Yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol, tekanan darah, membantu pencernaan, membangun massa tulang, dan membantu mengatur detak jantung. Ubi kayu juga dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok  yaitu nasi.
          Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lepat ubi kayu adalah dua kilogram ubi kayu, lalu kupas kulitnya. Yang kedua siapkan satu butir kelapa dan parut atau blender isi kelapanya. Lalu siapkan 150 gram gula merah yang dihaluskan. Yang keempat siapkan satu per empat sendok teh garam. Dan yang terakhir adalah daun pisang secukupnya dan yang telah dibersihkan.
          Cara membuatnya lumayan rumit karena lepat ini dapat bertaham selama 24 jam. Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama-tama parut atau blender ubi kayu sampai habis, dan pastikan bahwa ubi kayu sudah dibersihkan. Dan jikalau ubi kayu memiliki kadar air yang banyak, lebih baik disaring terlebih dahulu. Supaya kadar air pada parutan ubi kayu dapat berkurang. Karena untuk menghindari adonan akan menjadi bubur saat proses pengukusan.
          Setelah selesai diparut, campurkanlah gula merah yang telah dihaluskan. Masukkan juga kelapat parut dan garam secukupnya. Lalu aduk adonan sampai menyatu dengan rata. JIka mau cicipilah sedikit, dan jika belum terasa manis tambahkan gula merah yang telah dihaluskan. Ingat, jangan menggunakan gula pasir putih, karena nantinya rasa khas gula merak akan hilang.
Lalu siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Cara membersihkannya yaitu dengan dilap dan potonglah bagian ujung yang tidak rata. Setelah itu jemur atau panaskan daun pisang dibawah sinar matahari. Supaya daun pisang memiliki testur yang elastis. Sehingga adonan dapat dibungkus dengan baik oleh daun pisang.
Setelah daun pisang dibersihkan, ambillah selembar daun pisang. Setelah itu berilah kurang lebih tiga sendok makan adonan ubi kayu. Sesuaikan juga dengan ukuran daun pisang yang telah dipotong. Lalu bungkus dan lipat kedua ujungnya. Dan lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
Proses yang terakhir adalah sediakan panci untuk mengukus adonan yang telah dibungkus. Setelah itu masukkan adonan yang sudah dibungkus satu per satu. Lalu kukuslah selama kurang lebih 30 menit sampai matang, Kalau sudah matang, angkat lalu tiriskan. Dan sajikan di salah satu tempat seperti piring. Lepat ubi kayu siap dihidangkan.
         
Narasumber: http://ruthmarthen.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-lepat-ubi-kayu-parut.html



0 komentar:

Posting Komentar