Selasa, 22 November 2016

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Matematika

Asal usul ilmu matematika
Pada 3000 SM, munculah Matematika. Matematika lahir pada saat Banga Mesir Kuno dan Babilonia, mereka menggunakan aritmetika, aljabar dan geometri untuk keperluan sehari-hari. Seperti keperluan astronomi, keperluan bangunan dan konstruksi, keperluan pajak dan urusan keuangan. Sistem matematika merupakan suatu ilmu, dan pada zaman Yunani Kuno, sistem matematika mulai terjadi. Dan pada tahun 600 SM dan 300 SM, matematika mulai berkembang luas. Matematika juga diinteraksi dengan bidang lain seperti sains, dan teknologi. Matematika sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Matematika selalu dipakai di setiap bidang ilmu dan teknologi.

Pengertian matematika dari para ahli

1. Yansen Marpaung


    Matematika adalah ilmu yang dalam perkembangan penggunaanya menganut metode deduksi.







2. Hudoyo
 Matematika berkenaan dengan ide, aturan, hubungan yang diatur dengan logis sehingga matematika memiliki keterkaitan dengan konsep abstrak.









3. Soedjadi


   Matematika merupakan pengetahuan yang bersifat eksak dengan objek abstrak yang ada prinsipnya, konsepnya, dan operasi yang ada hubungannya dengan bilangan.





4. Abdurrahman
   
Matematika merupakan sebuah bahasa simbolis yang mempunyai salah satu fungsi praktis untuk mengekspresikan berbagai hubungan kuantitatif dan keruangan. Fungsi teoritisnya agar dapat memudahkan berpikir.







Pengertian matematika menurut pengertianku
Matematika adalah sebuah perhitungan yang disertai bilangan, yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

Manfaat belajar matematika
1. Dapat terbiasa memecahkan masalah secara sistematis.
2. Supaya kita dapat berpikir secara deduktif.
3. Melatih otak supaya kita bisa menjadi lebih teliti, cermat, dan tidak ceroboh dalam bertindak.
4. Mengajarkan kita supaya bisa menjadi orang yang sabar dan tidak cepat putus asa dengan soal-soal matematika yang panjang dan rumit.

Aplikasi ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari


1. Dapat membantu para pedagang untuk menghitung keuntungan atau kerugian yang dialami atau diperolehnya. Dan dapat menentukan besar modal yang dibutuhkan.
2. Kita juga dapat menggunakan untuk menghitung pajak dari sebuah barang yang kita beli seperti pakaian, makanan, minuman, bahan bangunan, dan masih banyak lagi.
3. Jika kita pergi ke sebuah Mall, biasanya di salah satu pakaian terdapat diskon yang dicantumkan di harganya.
4. Jika kita ingin mendirikan rumah, kita juga perlu untuk mengukur dan membuat denah rumah yang akan kita bangun.










Seorang matematikawan
Pythagoras
Tempat tanggal lahir: Samos, Aegea Utara, Yunani                                        pada 570 SM.
Meninggal: 495 SM pada usia kurang lebih 75 tahun                      di Basilicata, Italia.

Hasil temuan atau jasanya dalam ilmu matematika adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku. Sampai sekarang, teorema Pythagoras masih dipakai sebagai alat pembelajaran segitiga siku-siku.

Pythagoras dijuluki sebagai "Bapak Bilangan" karena ia memberikan pembelajaran yang sangat penting yang masih digunakan sampai sekarang. Pythagoras telah lahir di era filsafat kuno. Bapak bilangan ini termasuk aliran pythagoreanisme.

Fakta menarik tentang matematika
P h i z z a
Pizza dapat dibahasakan dengan bahasa matematika. Jika menghitung luas lingkaran [dari pizza] maka rumusnya adalah Phi x r x r. Pizza memiliki ketebalan, maka rumus yang digunakan adalah Phi x r x r x t. Kita dapat mengganti 'r' dengan 'z' dan mengganti 't' dengan 'a'. Maka hasilnya adalah Phi x z x z x a, dibaca Phizza.

Narasumber
7. http://www.wovgo.com/2016/02/01/fakta-menarik-tentang-matematika/ 

0 komentar:

Posting Komentar